Jumat, 12 Juni 2020

Berawal dari Penulis Blog Menjadi Penulis Buku

Wijaya Kusumah, M.Pd biasa dipanggil Omjay adalah seorang tenaga pendidik (guru), dikenal sebagai guru yang aktif nge-blog di berbagai blog gratisan hingga berbayar. Berkat nge-blog, Omjay tak lagi terbatas sebagai guru ataupun praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dari kerapnya menempatkan (posting) tulisan tentang pendidikan di blog, ia dikenal piawai sebagai pelatih untuk menulis, nge-blog, dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terutama di kalangan guru hingga menjadi penulis buku pelajaran, pengayaan, dan motivasi.

Banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, Omjay menulis setiap hari di blog. Dengan begitu bisa membuat buku dari hasil menulis di blog. Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Empat buku pada gambar diatas adalah hasil karya Omjay dari menulis di blog.

  1. Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh Pak Sukarno yang menjadi editornya. Selama pengerjaan Pak Sukarno dan Omjay hanya berkomunikasi lewat WA saja. Tulisan diambil dari kisah nyata Omjay yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs.
  2. Buku Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Awalnya Omjay tidak tahu kalau hasil PTK bisa dijadikan buku ber-ISBN. Setelah belajar bersama Pak Lukman di Jawa Timur melalui online, Omjay menjadi tahu ilmunya dan Ibu Hati Nurahayu di Bandung yang menjadi editornya.
  3. Buku Blogger Ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan. Buku ini diterbitkan oleh Pak Wiranto dari penerbit Camp Pustaka. Isinya ditulis dari kisah-kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa.
  4. Buku Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi adalah buku pertama Omjay yang diterbitkan oleh penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun untuk menerbitkan bukunya. Omjay masih belum percaya diri sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor. Namun Omjay tak pernah putus asa. Karena jasa Mbak Abdah Khan, buku ini menjadi enak dan renyah untuk dibaca kemudian diterbitkan oleh Penerbit Indeks Jakarta dengan editor Mas Yuan Acita. Sampai sekarang Omjay belum pernah bertemu orangnya. Berkat tangan dingin beliau buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia.

Keempat buku yang Omjay terbitkan merupakan kolaborasi antara penulis dan editor, penerbit yang baik dan tentu memerlukan waktu dalam proses editingnya. Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah angka kredit untuk kenaikan pangkat. 

Demikian kesimpulan materi ini, Intinya adalah menulis dan menerbitkan buku membutuhkan kolaborasi. Penulis tidak bisa bekerja sendiri, butuh orang lain seperti editor yang menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Blog harus kita isi dengan tulisan yang menarik dan inspiratif, sehingga akan menjadi banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar