Jumat, 12 Juni 2020

Menerbitkan Buku dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Profesi guru memiliki kewajiban untuk menulis, terutama bagi guru PNS untuk persyaratan kenaikan golongan/pangkat. Biasanya tulisan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan artikel yang berbentuk jurnal. Langkah awal yang menentukan pembuatan PTK adalah menentukan dan menyusun latar belakangnya. Selain itu, untuk mendapatkan angka kredit bagi PNS, PTK tersebut dapat kita jadikan sebuah buku yang juga memiliki manfaat sebagai bahan literasi atau bacaan bagi rekan-rekan guru yang lain dalam menyusun PTK.

Setiap guru tentunya mempunyai versi atau ciri khas masing-masing dalam menyusun PTK. Untuk dapat diterbitkan menjadi sebuah buku, PTK tersebut tidak bisa diterbitkan secara langsung tetapi perlu dirubah terlebih dahulu selayaknya buku yang menarik dan layak untuk dibaca. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat buku dari hasil laporan PTK diantaranya:

  • Penggunaan kata-kata laporan PTK perlu dihilangkan
  • Selain penjabaran tentang materi dari judul PTK yang dibuat, pada buku PTK juga dapat dibahas mengenai materi yang lain. Misalnya tentang pengenalan PTK (pengertian, model, prosedur, teknik penulisan dan sebagainya).
  • Memperbanyak isi materi variabel bebas berdasarkan kata kunci judul buku. Dengan lebih memperluas isi bacaannya berdasarkan sumber yang relevan.
  • Data berupa grafik dapat digunakan agar pembaca dapat memahami isi buku secara lengkap.
  • Buku hasil PTK minimal terdiri dari 70 halaman dengan ukuran kertas format A5.
  • Laporan PTK yang akan dijadikan buku harus sudah memenuhi syarat publikasi, yaitu yang sudah dipublikasikan minimal di sekolah atau di tingkat MGMP wilayahnya masing-masing.
  • Gunakan bahasa komunikasi yang sesuai dengan judul inti PTK. Semakin literat penulis  maka buku yang disusun akan semakin baik hasilnya. Rangkaian literasi yang tidak dapat dipisahkan adalah membaca, berpikir dan menulis.

Demikian beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari materi menerbitkan buku dari hasil PTK. Intinya adalah setelah diterbitkan dalam bentuk buku, laporan PTK dapat menjadi lebih bermanfaat bagi penyusunnya dan juga bagi orang lain yang membacanya.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar