Senin, 01 Juni 2020

Belajar Menulis Bersama Omjay, dkk

Bekerja dari rumah (Work From Home) menjadi kalimat yang tidak asing lagi di telinga kita sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (covid 19) yang ada di Indonesia. Dunia Pendidikan merupakan salah satu bagian yang tardampak dari kebijakan Work From Home tersebut, khususnya untuk tenaga pendidik, baik itu guru atau dosen. Mereka tetap harus melaksanakan pekerjaannya mengajar selama di rumah melalui pembelajaran online atau dikenal dengan istilah dalam jaringan (daring), dengan menggunakan berbagai perangkat dan aplikasi pendukungnya.

Melakukan pekerjaan mengajar dari rumah dapat memberikan keuntungan berupa waktu luang. Kita yang biasanya setiap hari melakukan rutinitas berangkat pagi ke sekolah atau kampus untuk mengajar dan pulang sore atau bahkan malam hari, saat ini hanya memerlukan beberapa jam saja untuk melakukan pekerjaan mengajar secara online. Bahkan saat mengajar online masih bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan yang lain. Oleh karena itu waktu yang luang tersebut perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas kita sebagai tenaga pendidik.

Saat ini banyak sekali tawaran berupa seminar-seminar online (webinar) yang bisa kita pilih dan ikuti sesuai dengan kompetensi kita sebagai tenaga pendidik untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman. Selain itu untuk mengasah kemampuan berfikir dari tenaga pendidik dapat melakukan kegiatan berupa menulis, baik itu berupa buku, artikel, opini, karya tulis atau karya ilmiah dan lain sebagainya yang dapat memberikan manfaat untuk pembacanya. 

Salah satu kegiatan yang bisa diikuti oleh tenaga pendidik, terutama guru pada saat bekerja dari rumah ini adalah “Belajar Menulis Bersama Omjay, dkk”. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Grup WA (Whatsapp Grup) yang berisi mengenai pelajaran menulis, contoh-contoh hasil tulisan dan kuliah pemaparan dari para narasumber serta tanya jawab yang berhubungan dengan tema menulis.

Omjay adalah seorang tenaga pendidik (guru), dikenal sebagai guru yang aktif nge-blog di berbagai blog gratisan hingga berbayar. Berkat nge-blog, bapak dua anak ini tak lagi terbatas sebagai guru ataupun praktisi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), sesuai dengan bidang kuliahnya. Dari kerapnya menempatkan (posting) tulisan tentang pendidikan di blog, ia dikenal piawai sebagai pelatih untuk menulis, nge-blog, dan penelitian tindakan kelas, terutama di kalangan guru hingga penulis buku pelajaran, pengayaan, dan motivasi. Guru anggota PGRI ini, kerapkali aktif dalam kegiatan Persatuan Guru Republik Indonesia yang disingkat PGRI.

Tak berhenti sebagai bloger, bersama bloger Bekasi, ia mendirikan komunitas bloggerbekasi.com. Ide tulisan tak sulit muncul di benaknya. Lancarnya inspirasi tulisan tak lepas dari hobinya membaca. Ia juga rajin mengikuti seminar dan pelatihan untuk mengasah ilmu dan kompetensi. Komunitas guru TIK Nasional yang dibentuknya telah berkeliling Indonesia melalui workshop elearning untuk rakyat. Omjay adalah guru Bloger Indonesia yang sudah banyak dikenal kiprahnya oleh guru guru lainnya. Tak heran bila beliau sering diundang ke berbagai daerah untuk memberikan motivasi kepada kawan-kawan guru lainnya.

Dengan mengikuti kegiatan Belajar Menulis Bersama Omjay, dkk, tentunya akan memberikan manfaat bagi kita sebagai tenaga pendidik bahkan diharapkan dapat menghasilkan karya tulisan yang berupa buku yang dapat diterbitkan secara nasional sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita dan orang lain. Semoga kita semua diberikan kesehatan selama bekerja dari rumah dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang medukung serta diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga apa yang menjadi tujuan kita dapat tercapai. Aamiin Ya Rabbal 'Alamin.

1 komentar: